Apa Saja Manfaat Zat Besi untuk Anak? Berikut Penjelasannya

Apa Saja Manfaat Zat Besi untuk Anak? Berikut Penjelasannya

Fungsi dari zat besi untuk anak tidak bisa dipungkiri lagi, apalagi untuk anak. Manfaat zat besi yang paling utama adalah berperan dalam pembentukan sel darah. Di bawah ini adalah sedikit penjelasan mengenai manfaat penting dari zat besi untuk anak, mulai dari memperkuat sistem imun sampai untuk meningkatkan kecerdasan otak.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pertama, zat besi memiliki fungsi untuk selalu menjaga daya tahan tubuh anak. Tentu manfaat ini sangat dibutuhkan di masa pandemic seperti saat ini. beberapa masalah kesehatan yang biasanya dialami anak adalah sakit perut, flue, dan gatal. Semua masalah tersebut dikarenakan kurangnya asupan zat besi.

Zat besi sangat dibutuhkan oleh neutrophil untuk melawan bakteri jahat dalam tubuh anak. Jadi, selalu perhatikan kebutuhan gizi anak. Ada banyak sekali makanan yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi, jadi Anda bisa membuat beberapa variasi makanan tiap harinya, agar anak tidak merasa bosan.

2. Membentuk Sel Darah Merah dalam Tubuh Anak

Sel darah merah sangat penting untuk tubuh, yaitu sebagai alat untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dengan asupan zat besi yang tercukupi, artinya pembentukan sel darah merah dalam tubuh menjadi optimal, sehingga metabolisme tubuh akan menjadi lebih lancar dan tubuh akan menjadi lebih bugar.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat zat besi yang tidak kalah pentingnya adalah zat ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan kecerdasan otak anak serta meningkatkan kemampuan motorik anak. Selain didukung dari faktor genetik, pemenuhan nutrisi juga memiliki peran penting dalam mendukung kecerdasan anak.

4. Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Tubuh

Oksigen tentu sangat dibutuhkan oleh setiap organ tubuh untuk bisa bekerja secara optimal. Untuk meningkatkan kadar oksigen ini, asupan zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut dikarenakan, zat besi memiliki fungsi untuk menyalurkan oksigen antar sel. Semua organ akan dipastikan telah mendapatkan suplai oksigen agar dapat bekerja secara optimal.

5. Mengurangi Risiko Stunting

Keadaan dimana anak tidak bisa tumbuh sesuai dengan usianya atau disebut dengan stunting. Ada banyak penyebab masalah ini, salah satunya adalah kekurangan zat besi dalam tubuh. Jadi, jangan sampai masalah ini terjadi pada anak dengan selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya secara seimbang.

Saat kadar zat besi dalam tubuh berkurang, tentu akan mengakibatkan beberapa masalah bagi anak. Salah satunya adalah akan menyebabkan keterbatasan pertumbuhan dan perkembangan anak. Mulai dari fisiknya, seperti tinggi badan, ataupun berat badan yang menyimpang dari pertumbuhan normal anak di usianya. Jadi, selalu penuhi kebutuhan zat besi anak, agar bisa tumbuh optimal.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang manfaat zat besi dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat besi juga memiliki beberapa peran penting lainnya, yaitu mencegah anemia, mengurangi kelelahan, menjaga konsentrasi anak, meningkatkan kualitas tubuh anak dan mencegah gangguan kognitif serta fisik anak.

Parenting