Beberapa Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit Pada Lansia

Beberapa Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit Pada Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia biasanya lansia menjadi lebih mudah terkena berbagai penyakit, lebih lambat dalam pemulihan infeksi dan sangat mudah cidera. Tidak hanya lansia saja yang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga sangat penting untuk semua orang. Akan tetapi disini lansia sangatlah penting mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit mengingat bahwa untuk lansia semua organ di dalam tubuh sudah menurun kinerjanya dan tidak dapat mengkonsumsi semua makanan. Oleh karena itulah berikut akan kami berikan beberapa tips ampuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah dari penyakit.

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat dianjurkan anda mengkonsumi makanan yang kaya akan gizi seperti sayur dan buah – buahan. Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral dan tinggi akan serat yang tentunya sangat bagus untuk tubuh. Sayur dan buah juga dapat membantu mempertahankan diri dari penyakit serta mengurangi stress. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

Lakukan olahraga ringan dengan rutin

Rutin berolahraga dapat membuat tubuh anda jauh lebih segardan merupakan cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang sangat signifikan. Bagi lansia dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki yang akan sangat bermanfaat dalam memberikan banyak darah dan oksigen. Senam aerobic untuk lansia juga sangat dianjurkan agar badan tetap sehar dan bugar.

Mulai tidur yang cukup

Tidak cukup tidur ataupun kualitas tidur yang buruk terbukti dapat menurunkan daya tahan tubuh, hal ini bukan hanya untuk lansia akan tetapi juga untuk orang muda sekalipun. Jadi, biasakan anda untuk tidur dengan durasi 7-8 jam setiap harinya agar organ – organ di dalam tubuh beristiraht dengn maksimal.

Mulai kelola stress dengan baik

Stress sendiri secara tidak langsung dapat mengurangi respon daya tahan tubuh dan memicu masalah lainnya seperti pola makan dan tidur yang buruk. Dengan hal tersebut tentunya akan menurunkan system kekebalan tubuh anda. Oleh karena itu mulailah untuk mengelola dan mengurangi stress dengan mengobrol, bercanda ataupun bermain dengan cucu atau keluarga sehingga anda dapat terus bahagia.

Mulai berhenti merokok

Rokok sangatlah berbahaya bagi tubuh karena ia melemahkan respon daya tahan tubuh. Hal ini membuat seseorang mudah sekali terserang infeksi dan menyebabkan peradangan paru – paru. Apabila anda tidak menghentikan kebiasaan merokok ini maka akan membuat tubuh anda lebih rentan terhadap berbagai penyakit seperti pneumonia, kanker paru dan penyakit lainnya.

Biasakan untuk tetap bersosialisasi

Menyendiri akan membuat anda merasa kesepian. Jika mersa kesepian anda akan lebih mudah terserang demensia ataupun depresi. Selain itu juga membuat anda jauh lebih stress sehingga menyebabkan peraangan atau pembengkakan seperti radang sendir dan diabetes. Jadi tetaplah bersosialisasi dengan teman – teman ataupun tetangga sekitar.

Itulah cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit bagi lansia. Dengan mengikuti beberapa cara tersebut maka secara tidak langsung anda membantu tubuh untuk lebih sehat dan bugar serta menjauhkan dari berbagai macam penyakit.

Lifestyle