Cara Menikmati Kopi Tanpa Gula Terbaik

Cara Menikmati Kopi Tanpa Gula Terbaik

Sering disebut sebagai minuman rekreasional yang bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan pikiran, kopi tanpa gula juga mempunyai banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Misalnya mencegah penyakit bersarang ke tubuh hingga menjadi pilihan terbaik bagi kalian yang ingin mengikuti program diet. Sejumlah manfaat kesehatan tersebut hanya dapat dirasakan jika kamu benar saat  mengkonsumsinya.

Setidaknya ada lima cara yang bisa kalian ikuti agar manfaat kopi hitam benar-benar sesuai dengan yang diharapkan. Berikut cara menikmati kopi hitam yang harus kamu perhatikan :

1. Tidak disarankan minum kopi setelah jam 2 siang

Kafein merupakan zat yang sering digunakan sebagai stimulan. Inilah alasan kenapa kopi hitam sangat populer di kalangan anak muda. Kopi hitam memberi sentakan energi dan akan membantu untuk tetap terjaga saat merasa lelah.

Hanya saja kamu harus memperhatikan kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi kopi hitam. Perlu diketahui jika minum kopi di sore hari akan mengganggu  kualitas tidur kalian di malam hari. Disarankan tidak minum kopi setelah jam 2 sore.

2. Pastikan minum kopi tanpa tambahan gula

Memberi tambahan gula pada kopi termasuk hal buruk yang sering dilakukan masyarakat modern sekarang ini. Gula mempunyai jumlah fruktosa yang tergolong sangat tinggi.

Hal tersebut sering dikaitkan dengan beragam masalah serius seperti obesitas dan juga diabetes. Bagi yang tetap ingin menambah rasa manis pada gula, disarankan memberi tambahan pemanis alami seperti stevia.

3. Pastikan memilih merek yang berkualitas

Saat proses penanaman kopi, biasanya biji kopi cenderung sering disemprot dengan tambahan pestisida sintetis serta bahan kimia yang sebenarnya tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh manusia.

Oleh karena itu, disarankan memilih biji kopi yang memiliki kandungan rendah bahan pestisida agar tidak beresiko pada tubuh. Biasanya pilihan ini dapat ditemukan di merek berkualitas.

4. Jangan minum kopi hitam terlalu banyak

Semua yang berlebihan tidak bagus untuk tubuh. Hal tersebut juga berlaku untuk kopi hitam. Asupan kafein berlebihan akan berefek samping merugikan bagi tubuh. Hanya saja semuanya tergantung pada sensitivitas setiap orang.

Health Canada menyatakan disarankan tidak melebihi 1,1 mg per pon atau sekitar 2,5 mg per kg berat badan setiap hari saat konsumsi kopi hitam.

Dengan takaran tersebut, setidaknya kamu disarankan jangan konsumsi kopi hitam tanpa gula tidak lebih dari 2 cangkir setiap hari. Ini penting supaya manfaatnya bisa makin optimal.

5. Berikan tambahan kayu manis jika perlu

Kayu manis merupakan ramuan lezat yang sangat cocok jika dicampur dengan kopi yang lezat dan enak. Studi bahkan menunjukkan jika manis  juga mampu menurunkan glukosa darah, kadar kolesterol tinggi hingga  trigliserida penderita diabetes.

Konsumsi kopi hitam tanpa gula dapat dilakukan siang hari sebelum jam 2 siang. Agar manfaat yang diberikan semakin optimal, disarankan jangan sampai lupa berolahraga.

Lifestyle