Hal Penting Mengenai Susu Formula Bayi 1 Tahun Yang Harus Bunda Tahu

Hal Penting Mengenai Susu Formula Bayi 1 Tahun Yang Harus Bunda Tahu

Berdasarkan riset yang telah dilakukan, membuktikan bahwa apa yang dikonsumsi anak sejak lahir sampai berusia minimal 5 tahun mempengaruhi tumbuh dan kembangnya. Setiap anak punya kebutuhan berbeda dan nutrisi berbeda.

Namun apakah diperlukan susu formula bayi 1 tahun untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak? Berdasarkan riset yang dilakukan, Academy of Nutrition and Dietetics, the American Academy of Pediatrics, the American Academy of Pediatric Dentistry dan the American Heart Association sepakat jika anak yang berusia 1 tahun kurang tidak memerlukan tambahan asupan.

Orang tua harus menghindari minuman susu yang terbuat dari berperisa, susu formula untuk pertumbuhan, minuman berkafein dan minuman yang punya kandungan gula yang tergolong sangat tinggi.

Saat anak berusia 12 hingga 24 bulan, anak boleh diberikan susu tambahan. Namun susu yang dmaksud adalah susu dari sumbernya langsung dan tidak punya kandungan tambahan apapun. Contohnya susu UHT ataupun susu pasteurisasi.

Fakta Susu Formula Bayi 1 tahun

Meski tidak ada larangan pemberian susu tambahan untuk bayi yang berusia di atas 1 tahun, nyatanya susu formula banyak dijadikan sebagai konsumsi utama. Padahal seharusnya, susu formula digunakan sebagai susu tambahan saja.

Berikut fakta menarik susu formula untuk anak 1 tahun :

1. Tinggi Gula

Susu formula biasanya mempunyai kandungan gula yang tergolong sangat tinggi. Hal tersebut bisa menyebabkan masalah bagi anak di kemudian hari. Misalnya masalah obesitas hingga dapat merusak gigi.

Jadi, sebelum membeli susu formula, ada baiknya Bunda cek dulu bagaimana kandungan susu yang dipilih. Ada baiknya memilih susu UHT atau pasteurisasi.

Selain melewati langkah produksi, susu ini umumnya tidak mengandung bahan tambahan yang dapat merusak kandungan susu. Misalnya seperti gula dan sebagainya.

2. Kalsium tidak hanya didapat dari susu

Alasan kenapa orang tua banyak memberikan susu formula kepada anak adalah memberi banyak tambahan kalsium seperti yang dibutuhkan anak. Padahal harus kamu tahu bahwa sumber kalsium tidak hanya dari susu saja.

Banyak kalsium yang didapat dari sumber makanan lain. Contoh sumber kalsium yang dapat dipilih diantaranya sayuran, ikan dan kacang-kacangan. Ketiga bahan tersebut memiliki kandungan kalsium yang tergolong tinggi.

Tentu saja bunda tinggal memilih mana makanan yang terbaik dan ingin dipilih. Supaya anak tidak bosan, Bunda juga harus pintar dalam mengolah makanan.

3. Susu formula bisa buat kenyang

Tidak sedikit orang tua yang memberi tambahan susu formula karena digadang-gadang bisa membuat anak jadi bertambah nafsu makannya. Padahal hal tersebut tidak demikian.

Susu tidak membuat anak jadi bertambah nafsu makannya. Namun justru membuat anak jadi gampang kenyang. Akhirnya, anak yang sudah kenyang malah malas untuk makan makanan sehat lain yang sebenarnya sangat diperlukan tubuh.

Tentu saja Bunda harus dapat mengatur waktu antara minum susu dan makan supaya anak mendapat gizi yang seimbang. Pastikan anak tidak diberikan susu terlalu berlebihan supaya mereka tidak gampang kenyang.

Parenting